3 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Bayi Terlalu Gemuk

Bayi gemuk pasti sangat menggemaskan ya bunda dan wajar saja banyak ibu mengira kalau bayi gemuk tanda bayi sehat. Nah, fakta ini ternyata salah. Bayi terlalu gemuk bisa mengancam kesehatan dan perkembangan si kecil. Contohnya, dia jadi sulit bergerak dan melatih kemampuan motoriknya. Bila dibiarkan, dia akan gampang terkena diabetes tahap 2. Sebelum bunda panik, yuk kita cari tahu dulu berat badan ideal si kecil sampai usia 1 tahun.

Umur Berat Badan Ideal
Saat lahir 3.4 kilo
1 bulan 4.3 kilo
2 bulan 5 kilo
3 bulan 5.7 kilo
4 bulan 6.3 kilo
5 bulan 6.9 kilo
6 bulan 7.4 kilo
7 bulan 8 kilo
8 bulan 8.4 kilo
9 bulan 8.9 kilo
10 bulan 9.3 kilo
11 bulan 9.6 kilo
12 bulan 9.9 kilo

Bila berat badan si kecil lebih dari yang di atas tabel, bunda perlu mulai pola hidup dan makanannya

  1. Memilih susu bayi yang sesuai usia dan seimbang

Setelah ASI 6 bulan, bunda kudu cermat saat membeli susu formula. Belilah susu sesuai umurnya. Susu bayi 1 tahun hanya cocok untuk bayi tahun dan seterusnya. Setelah itu bunda perlu pastikan pemberian susu tidak boleh melebihi takaran yang boleh dikonsumsi si kecil. Pasal, kebanyakan susu bisa membuat si kecil mengalami susah BAB dan akibatnya bayi menjadi overweight. Bunda juga perlu memilih susu yang kadar gizi yang seimbang.

  1. Mengajak si kecil berolahraga

Bunda perlu mengajak si kecil bergerak. Atau bila si kecil aktif bergerak, bunda perlu membiarkannya saja. Ketika si kecil bergerak, entah membalikkan badan, berjalan, bermain dengan mainan; dia akan mengeluarkan banyak energi. Selain bertumbuh dengan sehat, berat badannya juga akan normal

  1. Menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi terlalu banyak

Karbohidrat tinggi sama saja dengan konsumsi gula terlalu banyak. Roti, berat, dan kentang akan berubah menjadi glukosa setelah si kecil mengkonsumsinya. Si kecil bisa mengurangi makanan kaya karbohidrat dan perbanyak konsumsi protein seperti telur, tahu, tempe dan lain-lain yang bisa mengenyangkan si kecil sehingga berat badannya menurun.

Tips nutrisi yang tepat bagi si kecil

  1. Kandungan gula. Semakin tinggi kadar gula pada makanan, semkain cepat karbohidrat berubah menjadi glukosa, semakin cepat laparlah si kecil. Kadar gula yang rendah pada makanan biasanya lebih lama dicerna sehingga mengakibatkan kadar gula normal. Dia pun kenyang lebih lama. Makanan berkarbohidrat rendah biasa mengandung lebih banyak serat dan tidak terlalu banyak diproses.
  2. Perbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Buah dan sayur memang bagus untuk pertumbuhan si kecil namun tidak semuanya baik untuk bayi yang sudah melewati kapasitas berat badannya. Hindari pemberian pisang, nenas, kentang dan jagung pada si kecil. Perbanyak apel, semangka, anggur, jeruk, kiwi, strawberry, pepaya dan masih banyak lagi.
  3. Masukkan protein ke dalam makanan dan snack. Selain mengenyangkan protein akan menghasilakn hormon yang akan membantu tubuh melepaskan lemak yang tersimpan dan menggunakannya sebagai energi
  4. Lemak tidak selalu buruk. Lemak tak jenuh penting bagi tubuh. Dia berfungsi untuk membuat membran sel di dalam tubuh sehingga memperkuat sistem imun, saraf dan keseluruhan kesehatan. Makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat dan kacang-kacangan
  5. Hindari makanan yang nenek moyang tidak kenal. Makanan ang telah di proses seperti sosis, nugget, kue keju dan lain-lain jarang sekali bagus untu kesehatan. Bila bunda mencari makanan dari padi-padian bisa mencoba roti gandum, oatmeal dan beras merah.
  6. Makanan bisa mempengaruhi sifat. Ketika kadar gula darah si kecil menurun setelah makan-makanan tinggi kalori, dia akan mendapat hormon stress di tubuhnya. Biasanya dia akan gampang iritasi dan susah fokus di kelas
  7. Anak-anak tidak suka makanannya beda sendiri. Orang tua yang baik ingin anaknya hidup sehat makaseluruh keluarga pun perlu ikut terlibat. Bila si kecil tidak bisa konsumsi makanan tinggi kadar gula, orang tua bisa ikutan juga supaya dia senang makan.

Beberapa makanan yang bisa mengenyangkan si kecil adalah: brokoli, wortel, apel, buah berry, kacang-kacangan, oatmeal, yogurt tanpa perisa, madu, buah, keju dan susu.

Sekian informasi dari kami tentang cara menurunkan berat badan si kecil. Semoga bayi yang terlalu gemuk bisa kembali sehat dan memiliki berat badan ideal ya.

Leave a comment